pinjaman-uang

Jenis Pinjaman Uang Tunai di Indonesia yang Dapat Anda Gunakan

Semakin kesini aktivitas pinjam meminjam uang di masyarakat sudah sangat umum sekali dilakukan. Tidak dipungkiri memang dengan adanya jasa pinjaman membuat masyarakat mendapatkan solusi mudah dari berbagai kebutuhan yang terus mendesak. Permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan dimanfaatkan pula bagi mereka pihak tertentu untuk membuat jasa pinjaman uang yang lebih mudah. Seperti baru-baru ini muncul pinjaman dana online yang menawarkan segudang kemudahan, kelebihan dan keuntungan besar bagi peminjam. Ini merupakan salah satu dampak dari kemajuan jaman sekarang.

Satu dengan jenis pinjaman lain pasti mempunyai karakteristik yang berbeda, artinya dilihat dari syarat, ketentuan, tenor, plafond an lainnya pasti berbeda. Hal-hal itulah yang perlu Anda jadikan pedoman sebelum memilih salah satu jenis jasa kredit seperti apa yang paling tepat. Karena hal ini juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kerugian akibat pemilihan jasa yang salah. Seperti ternyata jasa yang menerapkan sistem bunga tinggi, syarat yang merepotkan, proses yang panjang dan lama. Makanya jangan sembarangan, harus lebih selektif supaya dengan adanya jasa tersebut Anda dapat terbantu.

Selain melihat karakteristik masing-masing jenis pinjaman, Anda perlu ketahui terlebih dahulu apa saja yang bisa digunakan untuk kredit. Nah, berikut ini ada beberapa jasa yang cukup familiar di Indonesia yaitu:

1. Pinjaman tanpa agunan

KTA atau lebih dikenal dengan kredit tanpa agunan merupakan salah satu produk yang cukup baru dalam dunia perbankan. Pinjaman ini cukup banyak diminati oleh masyarakat apalagi mereka yang tidak mempunyai jaminan yang akan digunakan saat pengajuan. Memang dalam jenis ini cukup memudahkan peminjam, tetapi tetap ada beberapa syarat yang berlaku dan harus dipenuhi terlebih dahulu.

2. Pinjaman dengan agunan

Berbeda dengan sebelumnya, jenis ini merupakan pinjaman dana yang menggunakan jaminan. Untuk jenis agunan yang biasa digunakan itu sangat beragam mulai dari berkas penting, barang ataupun yang lain. Tetapi dalam prosesnya jenis ini dinilai memakan banyak waktu karena jasa harus melakukan penilaian terlebih dahulu sebelum menyetujui.

3. Pinjaman modal usaha

Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat mendukung sekali kemajuan ekonomi dengan wirausaha. Tidak heran jika akhirnya banyak bank yang menawarkan jenis kredit yang digunakan khusus untuk modal usaha. Ini bisa berupa dengan uang tunai ataupun barang-barang yang akan digunakan selama usaha tersebut berlangsung.

4. Pinjaman p2p

Lalu ada jenis pinjaman dana tunai yang disebut dengan peer to peer, ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang fintech. Jadi umumnya peminjam akan bertemu dengan mereka yang akan menanamkan modal atau berinvestasi, tentu saja dengan beberapa perjanjian penting sebelumnya.

5. Pinjaman online

Dan terakhir ada jenis pinjaman yang sedang marak digunakan masyarakat saat ini, dikatakan ini merupakan jenis pinjaman yang sangat cocok ketika membutuhkan dana yang sangat mendesak. Mengingat proses yang digunakan melalui sistem online jadi semua lebih praktis dan cepat sekali sampai dengan pencairan.

Itulah beberapa jenis pinjaman yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya dari produktif ataupun konsumtif. Jika memang ingin membutuhkan uang dalam waktu yang cepat, sangat direkomendasikan memilih melakukan pinjaman uang online. Syarat yang mudah, pengajuan yang mudah dan proses yang cepat membuat Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keuangan. Untuk menemukan situs pinjaman online tersebut bisa melalui mesin pencarian, pilih satu yang terbaik, terpercaya dan tentunya pas untuk kebutuhan Anda.