Kelebihan dan Tips Pencairan Kredit Tanpa Agunan dengan Mudah

kredit tanpa agunan

Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan berdasarkan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lainnya yang mewajibkan pihak meminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sesuai imbalan. Kredit tanpa agunan adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Pinjaman ini akan diputuskan oleh bank dengan riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi. Biasanya nasabah memiliki riwayat kredit seperti kartu kredit, kredit motor, kredit mobil dan KPR.

Berikut adalah kelebihan dan KTA diantaranya:

  • Praktis dan tidak membutuhkan jaminan, pihak bank akan menanamkan kepercayaan kepada nasabah untuk mengelola dana pinjaman dengan baik. Nasabah menggunakan dana tersebut untuk modal kerja maupun lainnya dengan berbagai kemudahan didalamnya. Produk KTA ini memungkinkan nasabah untuk tetap memanfaatkan barang-barang atau aset milik untuk keperluan lainnya.
  • Lebih fleksibel untuk berbagai macam tujuan penggunaan kredit, nasabah diberi kebebasan untuk menggunakan dana kredit untuk keperluan apapun termasuk keperluan konsumtif. Namun disarankan menggunakan pinjaman dalam batas-batas yang sudah dipahami supaya tidak adanya masalah kredit macet.
  • Proses pengajuan yang dikenal super cepat dan mudah, tidak dibutuhkan pengajuan konvensional atau kredit dengan jaminan, perbankan menyediakan fasilitas online untuk pengisian formulir pengajuan KTA yang dapat diunduh kapan saja dan mempersingkat untuk proses pengajuannya.

KTA dapat digunakan untuk kepentingan seperti biaya merenovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya pengobatan, pelunasan kartu kredit, modal usaha dan kebutuhan finansial lainnya. Saat akan mengajukan KTA pastikan menyediakan dokumen seperti fotocopy KTP/KITAS, bukti penghasilan, fotocopy rekening tabungan, fotocopy surat izin profesi, NPWP dan fotocopy akta pendirian/SIUP/TDP. KTA juga dapat diakses oleh WNA dengan melampirkan fotocopy paspor dan melengkapi dokumen lainnya yang dibutuhkan oleh bank selama proses pengajuan.

Berikut adalah tips untuk pencairan KTA diantaranya:

  • Berlaku positif dan tidak memaksa, terkadang dalam keadaan mendesak karena kebutuhan nasabah yang mengajukan KTA memaksa permohonannya dikabulkan dan sikap tersebut tidak direkomendasikan, jangan memaksa terutama sampai menyogok.
  • Sesuaikan jumlah pinjaman, biasanya nasabah dapat meminjam hingga 200 juta dan sebaiknya tidak meminjam pada batas maksimal, pastikan juga total utang per bulan termasuk cicilan untuk KTA tidak melebihi 40% dari gaji pokok peminjam.
  • Handphone harus selalu aktif, pihak bank sewaktu-waktu menghubungi nasabah setelah menerima permohonan dan handphone yang aktif akan memberi kemudahan dalam berbagai komunikasi antar petugas bank.
  • Tak punya riwayat kredit bermasalah, seperti kartu kredit dengan tagihan harus dibayar lunas tepat waktu. Jika memiliki kredit kendaraan pastikan cicilan per bulan tetap lancar.

Untuk proses pengajuan KTA minimal 3 hingga 5 hari kerja dan maksimal 14-21 hari kerja jika data-data dan persyaratan yang diperlukan sudah lengkap. Survey untuk pihak pemohon KTA hanya akan dilakukan pada pemohon dengan tempat usaha dan untuk karyawan pihak bank tidak akan melakukan survey. Umumnya dilayani dari berbagai wilayah tetapi secara aplikasi diproses dan disetujui dari wilayah JABODETABEK.

Untuk melakukan pembayaran pinjaman kredit tanpa agunan dengan cara layanan transfer antar bank via ATM, melakukan setor langsung ke teller bank, melalui mobile atau internet banking maupun dengan mendaftar auto debet. Beberapa hal ini perlu diketahui oleh nasabah sebelum mengambil keputusan untuk meminjam. Kelebihan KTA perlu dipertimbangkan untuk menjadi salah satu produk pinjaman yang direkomendasikan jika tidak menginginkan jaminan untuk pihak pemberi pinjaman.