pinjaman-online-aman

Pinjaman Online Terbaik di Indonesia

Pinjaman online tumbuh subur di Indonesia bagai bunga yang sedang mekar, kehadirannya menjadi alternatif pilihan untuk siapa saja yang ingin mencoba cari pinjaman selain bank ataupun perorangan.

Perlu disadari bahwa sifat dari pinjaman online ini pada dasarnya memiliki bunga tinggi dan jangka waktu pinjaman (tenor) singkat.Tidak selalu Anda harus menggunakan jasa pinjaman uang dari fintech keuangan online tersebut, sebisa mungkin cari hutang dari tempat lain dulu semisal kerabat dan lainnya.

Selain bunga tinggi, saat ini ada beberapa fintech meskipun terdaftar di OJK namun bermasalah dengan cara penagihan kepada pelanggannya. Walaupun sebenarnya ada akibat karena ada sebab, jika Anda benar-benar membayar tepat waktu pasti tidak mungkin hal tersebut terjadi. Inilah kenapa sangat ditekankan bahwa jika memang masih ada tempat lain untuk cari pinjaman, tidak perlu memakai jasa pinjaman online.

Perhatikan!

Kebanyakan mereka yang bermasalah dengan pinjaman online adalah karena tidak memperhitungkan kemampuannya untuk membayar kembali. Berapa banyak calon peminjam yang memikirkan bagaimana uang pinjaman bisa cair dan urusan membayar kembali urusan nanti.

Padahal dari sinilah awal permasalahan tersebut terjadi.

Sementara, ada juga fintech yang benar-benar menganalisa data pelanggannya apakah layak diberi pinjaman dan akhirnya tidak menyetujui pinjaman si calon nasabah, lalu si calon peminjam menganggap fintech tersebut berbohong dan penipu. Seperti dilema memang!

Seharusnya calon peminjam menyadari kemampuan keuangannya, pinjaman online bukan untuk “gali lobang tutup lobang” jika hal ini terjadi sudah pasti akan menjadi masalah, bukan di pinjaman online saja bahkan meminjam dimana saja jika meminjam uang untuk menutupi utang lainnya sudah pasti bakal hancur keuangan Anda.

Jadi jika memang pinjaman Anda tidak disetujui berarti besar kemungkinan Anda memang belum siap untuk sacara financial menurut para risk management perusahaan fintech tersebut. Sebaliknya, Jika memang pinjaman Anda disetujui, maka harus komitmen dalam mengembalikan dana pinjaman Anda, berani meminjam berarti berani dengan resiko bunga tinggi dan lainnya. Jadi berani meminjam berarti sanggup mengembalikan.

Jika memang Anda sudah faham dengan syarat-syarat pinjaman online termasuk bunganya dan yakin untuk menggunakan jasa mereka, sebaiknya perhatikan hal berikut:

1. Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Pastikan dulu jasa pinjaman tersebut apakah terdaftar di OJK, hal ini untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan jika nanti ada permasalahan dengan pinjaman Anda. Selain juga meningkatkan rasa aman bagi calon peminjam. Untuk daftar pinjaman online terdaftar di OJK s/d desember 2018 bisa Anda lihat disini.

2. Perhatikan Bunga Pinjaman

Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman, perhatikan jumlah bunga perharinya dan kalkulasi ulang berapa total yang harus Anda bayarkan. Jika dirasa memberatkan dan tidak sanggup, jangan diteruskan. Orang yang merasa sanggup saja kadang suka ada kendala dalam pembayaran apalagi memang sudah dirasa berat. Jangan nafsu karena membutuhkan lalu melupakan resiko dikemudian hari.

3. Pastikan juga Apakah Bebas Penalty

Penalty dalam perkreditan adalah ketika nasabah ingin mempercepat pelunasan pinjamannya maka akan dikenakan biaya tambahan atau denda (sesuai perhitungan setiap instansi).

Saat ini kebanyakan penyedia jasa pinjaman uang online memang bebas penalty, yang berarti Anda tidak dikenakan biaya denda jika ingin mempercepat pelunasan.

Manfaatkan saran bebas penalty ini, pinjam dana dengan memilih jangka waktu paling lama dan bayar secepatnya (batas minimum pembayaran biasanya sudah ditentukan kreditur) selagi masih ada uang atau sudah memiliki uang untuk membayar.

4. Baca Secara Teliti Syarat & Ketentuannya

Selalu baca dengan teliti syarat dan ketentuan dari kreditur. Jangan pernah ada di fikiran Anda dan menganggap pinjaman online berarti kemungkinan bisa dikelabui itu mudah.

Pastikan juga syarat dan ketentuan mengenai data Anda serta keamanan data kontak Anda. Karena akhir-akhir ini terjadi kasus fintech mengambil data kontak Anda di HP dan melakukan intimidasi dalam proses penagihan.

5. Kesehatan Financial Anda

Jika memang dirasa sanggup dan aman serta dana pinjaman Anda cair, maka pastikan untuk membayar tepat waktu. Jangan ditunda-tunda lagi serta hindari bayar utang melalui utang lainnya.

Jangan jadikan berhutang menjadi kebiasaan hidup Anda karena percaya tidak percaya kebiasaan berhutang bisa menjadi penyakit apalagi sudah berhugungan dengan riba, itu pasti.